Selasa, 17 Januari 2017

Organ Baru Manusia Telah Ditemukan dan Ternyata Inilah Fungsinya

Sebenarnya telah disadari ada sejak lama, tapi diremehkan dan dianggap gak penting
Para peneliti telah menggolongkan organ yang baru saja "ditemukan" di dalam tubuh kita, sebuah organ yang bersembunyi dari pandangan kita di dalam jalur pencernaan selama ini. Walaupun sekarang kita mengetahui tentang struktur organ baru ini, fungsi sesungguhnya masih perlu banyak digali dan mempelajarinya dapat menjadi kunci pemahaman yang lebih baik serta penanganan penyakit yang berhubungan dengan pencernaan.

Organ ini disebut dengan mesentery: sebuah organ baru yang ditemukan di sistem pencernaan. Awalnya dikira sebagai serpihan bagian organ, ternyata sebuah organ utuh yang berfungsi kontinyu.

Bukti dari reklasifikasi organ ini dipublikasikan di The Lancet Gastroenterology & Hepatology. Semua ini adalah hasil dari penelitian terbaru yang akhirnya sejak tahun lalu mulai diajarkan dan disebarluaskan kepada pelajar medis. Mereka mengakui bahwa mesentery adalah organ tubuh manusia yang konkrit. Buku diktat medis terbaik dunia pun, Gray's Anatomy, telah memperbaharui info mengenai organ ini lengkap dengan definisinya.

Penemu organ mersentery ini mampu menjelaskan kenapa akhirnya ia mampu mengidentifikasi benda tersebut sebagai salah satu organ tubuh manusia.

Menurut J Calvin Coffey, seorang peneliti dari University Hospital Limerick di Irlandia, dalam jurnal ilmiah yang telah direview dan dinilai, sekarang dapat dipastikan bahwa kita memiliki organ di dalam tubuh yang belum pernah diakui hingga saat ini. Dialah yang pertama kali menemukan bahwa mesentery adalah sebuah organ dalam tubuh manusia. Bagi Coffey, deskripsi anatomi yang dipercaya mengenai organ tersebut selama 100 tahun ke belakang adalah salah. Organ tersebut gak terpecah dan kompleks, bentuknya benar-benar sebuah struktur utuh.

Jadi apa sih sebenarnya mesentery itu? Yuk tahu lebih banyak di sini!

Mesentery adalah lipatan dobel dari selaput perut - seharis dengan rongga perut. Ia merekatkan usus kita ke dinding perut dan bertugas memastikan semuanya "terkunci" di tempat yang seharusnya. Kebayang kan kalau isi organ dalam perut kita berantakan? Aduh jangan sampai deh!

Mesentery sebenarnya telah disadari ada sejak lama, tapi diremehkan dan dianggap gak penting karena gak berkarakteristik seperti organ dalam tubuh pada umumnya.

Salah satu deskripsi awal mengenai mesentery dibuat oleh Leonardo da Vinci, kemudian selama berabad-abad "organ" tersebut diabaikan karena dianggap sebagai perekat tubuh yang gak signifikan penting. Selama beberapa abad terakhir, dokter yang mempelajari mesentery mengasumsikan bahwa itu bagian pecahan tubuh yang terdiri dari beberapa bagian terpisah, sehingga dianggap gak penting. Namun pada tahun 2012, Coffey dan rekan penelitinya mampu menunjukkan penjelasan detail mikroskopiknya bahwa mesentry memang suatu struktur yang utuh bekerja kontinyu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar